Follow by Email

Saturday, 14 April 2012

Masa Skolastik Akhir (1300-1450M)

MASA SKOLASTIK AKHIR
( Abad 1300 – 1450 M )

Masa scholastik akhir ditandai dengan kemalasan berfikir filsafat hingga menyebabkan stagnasi (Kemandegan) pemikiran filsafat scolastik kristen. Tokoh yang terkenal dalam masa ini adalah Nicolous Cusanus (1401-1404 M) . Nicolous Cusanus dipengaruhi oleh banyaknya ajaran dan pendirian yang mempunyai peranan dalam abad pertengahan.

Dari pemukiran filsafatnya ia membedakan tiga macam pengenalan yang kurang sempurna sifatnya. Dari sini filsafat Nicolous bercorak teologis, yang memedai pemikiran filsafat pada abad pertengahan. Akan tetapi keaktifannya dalam ilmu pengetahuan ekspromintal sesudah menunjukkan diri sebagai modern.

Oleh karena itu Nicolous Cusanus dapat dipandang sebagai mata rantai yang menghubungkan abad pertengahan dan abad modern pemikiran Nicolous ini sebagai upaya mempersatukan seluruh pemikiran abad pertengahan, yang dibuat kesuatu sintesa yang lebih luas.

Sumber :
  • Syadali, Ahmad. Filsafat Umum. 1997. Pustaka Setia: Bandung
Tags : Masa Scholastik akhir, Scholastik akhir

    No comments:

    Post a Comment

    Komentar anda sangat penting bagi kami, silahkan berkomentar sesuai dengan isi judul postingan. Komentar yang berbau sara atau pornografi akan kami hapus. Buatlah diri anda senyaman mungkin di blog kami. Terimakasih..!