Follow by Email

Friday, 20 April 2012

Dasar Pemikiran Teknologi Pendidikan

DASAR PEMIKIRAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Tujuan pendidikan adalah mengubah anak, yaitu caranya berfikir, marasa, berbuat, dan mengubah kelakuanya. Tampaknya, dasar-dasar teknologi pendidikan sederhana saja dan tidak mengungkapkan sesuatu yang revolusioner. Guru-guru yang baik sedikit telah melakukannya. Mereka juga berusaha mencapai hasil sesuai dengan tujuan pelajaran yang ditentukan dengan cara penyajian yang serasi berdasarkan metode mata pelajaran, serta pengalaman sebagai guru dan kemudian menilai hasil belajar murid sebagai petunjuk tentang efektifitasnya mengajar.

Guru yang kurang baik kebanyakan mencari jalan yang mudah. Kalau guru itu sudah mengajarkannya dianggap bahwa murid sudah tahu. Kalau tidak, maka yang dipersalahkannya adalah muridnya dan sering pula sekolah.

Teknologi pendidikan mengharuskan guru merumuskan tujuan yang jelas, memikirkan metode yang dianggapnya efektif untuk mencapai tujuan itu. Bila guru menerapkan prinsip-prinsip teknologi pendidikan secara konsekuen, maka terbuka baginya jalan untuk memperbaiki mutunya sebagai guru, ia akan memandang proses mengajar belajar sebagai problema yang tidak berkesudahan yang dihadapinya secara objektif dan ilmiah.

Dengan sikap serta usaha demikian mengajar akan dapat dikambangkan dan ditingkatkan menjadi profesi dalam arti yang sebenarnya.

DAFTAR PUSTAKA :

Tags : Sejarah teknologi Pendidikan, Pengertian Teknologi Pendidikan, Dasar Pemikiran Teknologi Pendidikan, Posisi Dan Fungsi Profesi Teknologi Pendidikan

1 comment:

Komentar anda sangat penting bagi kami, silahkan berkomentar sesuai dengan isi judul postingan. Komentar yang berbau sara atau pornografi akan kami hapus. Buatlah diri anda senyaman mungkin di blog kami. Terimakasih..!