METODE PENDIDIKAN ISLAM
A. Metode Pendidikan Islam
Pendidikan Islam dalam pelaksanaannya membutuhkan metode yang tepat untuk menghantarkan kegiatan kependidikannya kearah tujuan yang dicita-citakan. bagaimana baik dan sempurnanya kurikulum pendidikan Islam, ia tidak akan berarti apa-apa, manakala tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam mentransformasikannya kepada peserta didik .
Secara literal metode berasal dari bahasa Greek yang terdiri dari dua kata, yaitu meta yang berarti melalui dan hodos yang berarti jalan. Jadi metode berarti jalan yang dilalui, sebagai dikutip oleh Mohammad Noor Syam secara teknis menerangkan bahwa metode adalah :
- Suatu prosedur yang dipakai untuk mencapai suatu tujuan.
- Suatu teknik mengetahui ynag dipakai dalam proses mencari ilmu pengetahuan dari suatu materi tertentu.
- Suatu ilmu yang merumuskan aturan-aturan dari suatu prosedur.
Sementara Al-Syaebany, menjelaskan bahwa metode pendidikan adalah segala segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangaka memberikan pelajaran yang diajarkannya, cirri-ciri perkembangan peserta didiknya, dan suasana alam sekitar untuk mencapai proses belajar yang diinginkan.
B. Asas-asas umum metode pendidikan Islam
Secara umum asas-asas metode pemdidikan Islam itu menurut Al-Syaebany adalah:
- Asas Agama, yaitu prinsip, asas dan fakta umu yang diambil dari sumber asasi ajaran Islam, yakni Al-Quran dan sunnah.
- Asas biologis, yaitu dasar yang mempertimbangkan kebutuhan jasmani dan tingkat perkembangan usia peserta didik.
- Asas Psikologis, yaitu Prinsip yang lahir diatas pertimbangan kekuatan psikologis seperti motivasi, kebutuhan, emosi, minat, sikap, keinginan, kesedihan, bakat dan kecakapan.
- Asas Sosial, yaitu asas yang bersumbr dari kehidupan sosial manusia seperti tradisi, kebutuhan, harapan dan tuntutan yang senantiasa maju dan berkembang.
Sementara dari sudut pandang pelaksanaannya, asas – asas metode pendidikan Islam dapat diformulasikan kepada :
- Asas Motivasi
- Asas Aktifitas
- Asas Minat
- Asas Apersepsi
- Asas Peragaan
- Asas ketauladanan
- Asas ulangan
- Asas Korelasi
- Asas Pembiasaan
- Asas Kosentrasi
- Asas Individualisasi
- Asas Globalisasi
- Asas Sosialisasi
- Asas Evaluasi
- Asas Kebebasan
- Asas Lingkungan
C. Karakteristik metode pendidikan Islam
Diantara karakteristik metode pendidikan Islam adalah:
- Keseluruhan proses penerapan metode pendidikan Islam, mulai dari pembentukannya, penggunaannya, sampai pada pengembangannya.
- Metode pendidikan Islam bersifat luwes dan fleksibel
- Metode pendidikan Islam selalu berusaha menyeimbangkan antara teori dan praktek.
- Dari segi pendidik, Metode pendidikan Islam lebih menekankan keteladanan dan kebebasan pendidik
- Metode pendidikan Islam dalam penerapannya berupaya menciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan bagi terciptanya interaksi edukatif yang kondusif
- Metode pendidikan Islam merupakan usaha untuk memudahkan proses pengajaran dan tercapainya tujuan secara efektif dan efisien.
Dalam konteks itu, An-Nahlawi, mengemukakan beberapa metode yang paling penting dalam pendidikan Islam yaitu ;
- Metode Hiwar (Percakapan) Qur’ani dan Nabawi
- Mendidik dengan Kisah-kisah Qur’ani dan Nabawi
- Mendidik dengan amsal(Perumpamaan)
- Mendidik dengan memberi tauladan
- Mendidik dengan pembiasaan dan pengalaman
- Mendidik dengan mengambil Ibrah (Pelajaran) dan muaidhah (Peringatan)
- Mendidik dengan targhib (Membuat senang) dan tarhib (Membuat takut)
Pendapat lain yang lebih diarahkan kepada penggunaan metode pendidikan Islam secara formal adalah sebagaimana yang dikemukakan Al-Syaebany, yaitu:
- Metode indiksi (pengambilan kesimpulan) - Metode Perbandingan
- Metode Kuliah - Metode Halaqah
- Metode Dialog dan perbincangan - Metode Riwayat
- Metode Mendengar - Metode Membaca
- Metode Imla’ - Metode Hafalan
- Metode Pemahaman
Analisa
Dalam kaitan metode pendidikan Islam yang mempunyai peran penting dalam pendidikan Islam pada hakekatnya metode adalah suatu penerapan yang dilakukan oleh pendidik. Pada prinsipnya tidak ada metode yang paling ideal untuk semua tujuan pendidikan,semua ilmu dan mata pelajaran, semua pertumbuhan, semua tahap kematangan, semua pendidik, dan semua keadaan,yang meliputi proses pendidikan.
Oleh karena itu tidak bisa dihindarkan pendidik hendaknya mengkombinasikan lebih dari satu metode pendidikan dalam prakteknya dilapangan. Untuk itu sangat penting menerapkan metode yang relevan dengan semua situasi sehingga tujuan dapat tercapai dengan maksimal.
DAFTAR PUSTAKA :
Tags : Metode pendidikan Islam, karakteristik metode pendidikan Islam, asas-asas umum metode pendidikan Islam