Follow by Email

Sunday, 10 June 2012

Tanaman obat daun singkong


PENGOBATAN MENGGUNAKAN DAUN SINGKONG

Anda pasti pernah makan singkong dan daunnya, bukan? singkong adalah tanaman yang mudah tumbuh, bahkan orang sering menyebutnya sebagai tumbuhan seribu nyawa karena jika kita melempar batangnya tumbuhan ini bisa hidup kembali tanpa perlu ditanam dan menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan, tidak ada masyarakat Indonesia yang tidak suka makan singkong.

Daun singkong juga sering dijadikan menu utama makanan. Bisa dengan direbus. Bisa dengan gulai seperti menu makanan khas masyarakat Mandailing Sumatera Utara yang dikenal dengan nama daun ubi tumbuk. Ada juga yang menjadikan sebagai lalapan. Inilah salah satu manfaat daun singkong, jika dihubungkan dengan makanan.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja manfaat daun singkong lainnya. Tentu, bukan sekedar makanan saja, pasti memiliki beragam manfaat yang luar biasa. Apalagi kata Prof. Hembing Wijayakusuma bahwa daun singkong memiliki kandungan vitamin A, B1 dan C. Sehingga daun singkong juga bisa berperan sebagai obat.

  • Sakit Encok atau Reumatik
  • Encok atau juga yang sering kita sebut Reumatik adalah penyakit tulang yang sering menyerang tulang dan sendi-sendi. Memiliki ciri-ciri: ada rasa nyeri, bengkak dan terasa kaku. Penyakit encok punya sifat suka berpindah-pindah. Kebanyakan orang, jika encok atau reumatiknya sudah menyerang, akan pergi ke tukang urut. Padahal, apa yang dilakukannya bukanlah solusi yang tepat, namun bisa menjadi masalah pada penyakitnya.
    Daun singkong salah satu obat yang bisa menyembuhkan encok atau reumatik. Caranya cukup mudah dan gampang. Ambil lima daun singkong, kemudian masukkan sedikit kapur sirih dan air lalu remas-remas sampai hancur. Setelah itu, oleskan pada sendi atau tulang yang terserang encok. Lakukanlah hal ini sehari tiga kali. Mudah-mudah encok atau reumatik yang diderita akan segera sembuh.
  • Sakit Kepala
  • Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang hampir setiap orang pernah merasakan. Bila selama ini Anda sakit kepala selalu minum obat yang ada di apotik, cobalah mengobatinya dengan menggunakan daun singkong. Caranya, tumbuk beberapa lembar daun singkong hingga halus lalu taruhkan di kepala atau jadikan sebagai kompres.
  • Sakit Diare
  • Diare termasuk penyakit yang sering dialami. Seperti sakit kepala, jika penyakit ini datang, kebanyakan Anda sibuk pergi ke apotik untuk membeli obat yang bisa menyembuhkannya. Tapi tahukah Anda bahwa daun singkong juga bisa menyembuhkan penyakit diare? Caranya adalah dengan rebus daun singkong sekitar tujuh lembar dengan takaran air 800 cc hingga tersisa menjadi 400 cc. Kemudian Anda saring air daun singkong tersebut dan minum airnya sebanyak 200 cc. Terapi ini cukup anda lakukan dalam sehari cukup dua kali saja.

4 comments:

  1. bener gak ya klo daun singkong juga menanmbah tensi darah,,,,mohon infonya ya

    ReplyDelete
  2. Katanya klo makan daun singkong bisa bikin asam urat....
    Bener ga tuh??

    Makasih buat infonya :)

    ReplyDelete
  3. Saya sangat membutuhkan daun singkong dan ubi singkong asli sumatra buat pengobatan. Bila ada saya minat bisa hub 085719797106. Idris jakarta

    ReplyDelete

Komentar anda sangat penting bagi kami, silahkan berkomentar sesuai dengan isi judul postingan. Komentar yang berbau sara atau pornografi akan kami hapus. Buatlah diri anda senyaman mungkin di blog kami. Terimakasih..!